• Desember 22, 2021

Cara Atasi Jerawat Kepala

Apakah kamu memiliki masalah jerawat muncul di kulit kepala? Ini selain membuat kepala terasa gatal, tetapi juga bisa membuat kepala sakit hingga menimbulkan luka koreng. Jerawat di kepala timbul karena adanya penyumbatan di pori-pori kepala, sehingga muncul jerawat.

Beberapa hal yang membuat tumbuh jerawat di kepala adalah karena kurangnya menjaga kebersihan rambut, tidak keramas langsung setelah melakukan olehraga, menggunakan produk perawatan kepala yang tidak cocok dengan kulit kepala, hingga banyak keringat di kulit kepala.

Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk bisa mengatasi masalah kepala yang satu ini.

1.Rajin Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Cara yang paling efektif untuk membantu menghilangkan masalah satu ini adalah dengan lebih menjaga kebersihan rambut. Cuci rambut setidaknya dua kali sehari dengan bersih menggunakan sampo.

Untuk jerawat di kepala yang masih bersifat ringan dan sedang, cobalah menggunakan sampo yang memiliki kandungan asam salisilat, asam glikolat, ketoconazole, atau pun ciclopirox. Sedangkan kalau kamu memiliki kondisi kulit kepala yang sensitif, ada baiknya untuk memiliki sampo yang memiliki bahan kimia yang lembut, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi di kulit.

2. Hindari Penggunaan Produk Perawatan Berlebihan

Kalau di kepala muncul jerawat, lebih baik kamu mengurangi atau bisa menghindari penggunaan produk perawatan rambut. Misalnya seperti minyak rambut dan juga hairspray. Para produk seperti ini, biasanya ada bahan yang bisa membuat pori-pori pada kulit kepada menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat muncul. Cobalah untuk tidak menggunakannya sampai kondisi kulit kepala kamu lebih baik.

3. Gunakan Kompres Air Garam

Salah satu cara yang ampuh untuk bisa mngatasi jerawat yang ada di kulit kepada adalah dengan mengompresnya dengan air garam. Cobalah usap bagian kepala yang terdapat jerawat dengan menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan garam 1 sendok teh. Selain menggunakan air garam hangat, kamu juga bisa menggunakan cuka putih atau dengan baking soda.

4. Jangan Pencet Jerawat

Jangan sampai kamu memencet jerawat yang ada di kepala dengan menggunakan apa pun, termasuk tangan atau jari kamu. Hal ini bisa membuat jerawat menjadi semakin meradang dan membuat muncul adanya infeksi. Selain itu jangan cukur rambut sampai jerawat mengecil, apalagi kalau sampai menggunakan alat potong rambut elektrik. Ini bisa menghindari risiko terjadinya infeksi jerawat pecah karena menggunakan alat cukur.

5. Penanganan Dokter

Jika beberapa cara yang sudah kami sebutkan di atas tidak membantu meringankan jerawat yang ada di kepala, ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter. Penanganan langsung yang diberikan oleh dokter sangat diperlukan, apalagi kalau jerawat yang ada di kepala sudah parah. Dokter akan memberikan resep untuk membuat jerawat di kepala menjadi lebih terobati.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membantu kamu mengatasi masalah kulit kepala.