• Desember 24, 2021

Efek Samping Begadang Bagi Tubuh

Apakah kamu merupakan orang yang sering sekali begadang? Jika iya, tahukah kamu kalau ini bukan merupakan kondisi yang baik untuk tubuh. Mungkin sesekali melakukannya tidaklah masalah, tetapi kalau keterusan bisa memberikan dampak yang buruk, loh.

Normalnya, orang dewasa membutuhkan tidur 7-9 jam perharinya agar dapat fokus bermain slot resmi. Jika kurang dari waktu tersebut, maka akan ada banyak gejala buruk yang dapat diterima oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang akan muncul kalau terlalu sering begadang.

1.Sulit Berkonsentrasi

Begadang bisa membuat pikiran kita menjadi tidak mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini karena tidur dapat membantu kita untuk meningkatkan proses untuk berpikir dan juga belajar. Jika waktu tidur yang kita miliki berkurang, maka ini bisa membuat kita tidak bisa lebih waspada, menurunkan nalar, dan juga kurangnya kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah. Selain itu kurang tidur juga bisa membuat daya ingat kita menjadi berkurang.

2. Bisa Mengalami Kecelakaan

Kurang tidur di malam hari membuat tubuh kita menjadi lelah di pagi hari. Kurang tidur ini pun membuat kita menjadi merasa mengantuk seharian. Ini merupakan kondisi yang berbahaya, apalagi jika kita bekerja dengan menggunakan kendaraan pribadi, bisa saja terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Saat bekerja pun kamu bisa mengalami cedera yang fatal karena mengantuk.

3. Mengalami Penyakit Serius

Ada banyak penyakit serius yang mengincar kamu jika kamu sering begadang. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat membahayakan tubuh kita jika terlalu sering begadang.

  • Stroke
  • Diabetes
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Peningkatan detak Jantung
  • Gagal Jantung
  • Serangan Jantung
  • Penyakit Jantung

4. Beresiko Memicu Obesitas

Jika terlalu sering begadang, ini ternyata memberikan efek yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan makan terlalu banyak atau pun jarang melakukan olahraga. Jika kita tidur, tubuh bisa lebih meningkatkan hormon yang dapat mengatur rasa lapar dan juga kenyang. Jika kita tidak tidur, maka hormon ini membuat tubuh kita akan terus merasakan rasa lapar dan membuat kita ingin terus makan.

5. Penurunan Produksi Hormon

Terakhir yang akan kami bahas adalah penurunan produksi hormon yang merupakan salah satu bahaya terburuk di tubuh. Hormon yang bisa mengalami penurunan jika sering begadang adalah hormon pertumbuhan sampai ke hormon testoteron. Ketika seorang pria terlalu sering begadang, maka penurunan hormon testoteron ini bisa membuat munculnya lemak, berkurangnya massa otot, sampai terjadinya kerapuhan tulang. Kita pun bisa juga menjadi lebih mudah lelah. 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu alami jika terlalu sering begadang. Ini bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh, jadi ada baiknya kamu harus tidur dengan cukup dan menjaga pola tidur dengan baik.