• Januari 20, 2022

Alasan Mengapa Alkohol adalah Narkoba Paling Berbahaya di Dunia

Tahukah kamu kalau alkohol dianggap sebagai salah satu narkoba yang berbahaya di dunia? Hal ini karena efek langsung yang dirasakan dapat berupa kerusakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang yang kecanduan alkohol.

  • Ketergantungan
  • Kemungkinan mati
  • Kerusakan fungsi mental
  • Kehilangan hal-hal seperti pekerjaan atau rumah
  • Kegiatan kriminal
  • Cedera fisik
  • Dan bahkan biaya keuangan untuk suatu negara

Sedangkan heroin dan juga kokain merupakan zat kedua dan juga ketiga di dalam daftar. Alkohol ada di posisi atas sebagai obat yang paling berbahaya di Eropa dan di Inggris. Salah satu alasan kenapa adalah karena kerugiannya untuk orang lain dan juga ekonomi dalam jangka yang luas.

Dalam studi yang dilakukan oleh kelompok Eropa, ada proses yang tidak jauh berbeda. Perbedaan utama adalah di Eropa mereka lebih memprioritaskan kerugian pribadi, sedangkan di Inggris mereka lebih mengklasifikasikan kerugian ekonomi yang secara signifikan lebih penting. Meski mereka menggunakan bobot bahaya yang bebreda, tapi hasilnya tetap hampir sama. 

Di tingkat permukaan, hasilnya mungkin akan sangat mengejutkan. Tetapi kenyetaannya, ada sekitar 3.3 juta kematian pertahun, di mana ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. WHO memperkirakan kalau ada sekitar 5.9 persen dari semua kematian tahunan disebabkan oleh alkohol, yang menandakan kalau satu orang meninggal karena alkohol setiap 10 detik.

Berikut adalah sepuluh alasan mengapa alkohol adalah obat paling berbahaya di dunia.

1. Dapat menyebabkan masalah keuangan

Seseorang yang kecanduan alkohol akan menghabiskan semua uang mereka untuk minum, bahkan jika mereka tidak mampu membelinya.

2. Dapat mengakibatkan masalah kesehatan kronis

Gizi buruk dan alkohol berjalan beriringan, mengakibatkan kondisi kesehatan seperti obesitas dan kekurangan mineral.

3. Dapat menyebabkan kematian dini

Orang yang minum banyak memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan hati. Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dalam satu waktu juga dapat menyebabkan keracunan alkohol.

4. Dapat menyebabkan orang kehilangan hambatan

Orang yang banyak minum mengatakan dan melakukan hal-hal yang biasanya tidak akan mereka lakukan jika mereka tidak mabuk, yang dapat merusak karir dan reputasi mereka. Mereka mungkin juga terlibat dalam aktivitas berisiko tinggi seperti seks tanpa kondom atau penggunaan narkoba.

5. Dapat mengakibatkan kerusakan organ permanen

Minum alkohol dapat menyebabkan sirosis hati, yang bisa berakibat fatal.

6. Dapat menyebabkan cacat bawaan

Sindrom alkohol fatal dapat terjadi jika seorang wanita minum saat dia hamil, yang dapat mengakibatkan kerusakan otak, pertumbuhan terhambat, cacat organ dan banyak lagi.

7. Dapat meningkatkan agresi

Alkohol berkontribusi terhadap kekerasan seksual dan fisik, seperti pemerkosaan dan kekerasan dalam rumah tangga.

8. Dapat mengakibatkan kecelakaan fatal

Orang yang minum sering berpikir bahwa mereka boleh mengemudi meskipun sebenarnya tidak, yang dapat berakhir dengan kecelakaan di mana mereka melukai atau membunuh orang lain atau diri mereka sendiri.

9. Ini bisa menjadi pintu gerbang ke zat lain

Orang yang menyalahgunakan alkohol sering ingin mencoba obat lain untuk melihat seperti apa ‘highs’ yang berbeda itu.

10. Itu bisa menghancurkan hidup seseorang

Alkohol dapat menghancurkan kehidupan seseorang karena semua alasan yang tercantum di atas dan banyak lagi.

Nah, itukah kenapa alkohol merupakan narkoba paling bahaya di dunia.